Antony & Cleopatra

Kisah Antony & Cleopatra adalah salah satu kisah cinta paling legendaris, ditulis dan dimainkan dalam berbagai versi buku, film, dan drama, kisah cinta yang bukan hanya romantis, tetapi juga historis, diwarnai intrik politik, perebutan kekuasaan, dan perbenturan budaya. Antony adalah jendral ulung di masa jaya Julius Caesar, satu dari tiga Triumvir, pemegang kakuasaan tertinggi Romawi, namun karir dan hidupnya hancur akibat pengaruh cinta dan sensualitas Cleopatra, Queen of Beast, Pharaoh of Eqypt.

Cerita berkisar pada sekitar 40 BC dan berawal dari usainya pertempuran antara legion Romawi di bawah Triumvir Marc Antony dan Octavianus melawan pasukan Brutus dan Cassius di Philippi, perang saudara yang dipicu pembunuhan atas Julius Caesar oleh Brutus dan teman2 nya. Marc Antony akhirnya tampil sebagai pahlawan perang Philippi mengalahkan Brutus, sementara kompatriotnya Octavianus dicap sebagai pengecut karena melarikan diri dari peperangan.

Seusainya perang saudara di Philippi, Romawi dihadapkan kembali pada persaingan para pemegang kekuasaan berikutnya, yaitu antara para Triumvir itu sendiri, Marc Antony, Octavianus, dan Lepidus. Untuk mengurangi ketegangan, akhirnya dicapai kesepakatan tiap Triumvir berkuasa atas wilayah yang berbeda, Octavianus di barat meliputi Italia, Spanyol, Gaul dan Germania, Marc Antony di Timur meliputi Yunani, Makedonia, Anatolia, Syria, Judea sampai ke Egypt, sementara Lepidus mendapat jatah di sebagian Afrika Utara. Pembagian kekuasaan ini tidak menghilangkan iri hati Antony atas Octavianus, bocah ingusan yang ditunjuk sebagai pewaris Julius Caesar.

Kekecewaan Antony sangat beralasan. Terbunuhnya Caesar adalah tragedi bagi bangsa Romawi. Caesar adalah pahlawan Romawi, conqueror sejati, penakluk daratan Eropa sampai ke Britania, kematiannya diratapi bangsa sehingga akhirnya dia diangkat sebagai dewa, Divus Julius. Sebelum terbunuh, Caesar ternyata sempat membuat wasiat bahwa penerus tahta dan pewarisnya untuk menjadi Caesar berikutnya adalah keponakannya, Octavianus. Wasiat yang cukup aneh mengingat Octavianus masih sangat muda dan bukanlah seorang perwira militer, sementara Julius Caesar masih punya keponakan yang lain yang juga jendral andalannya, Marc Antony.

Kekecewaan Antony membuatnya tidak konsentrasi mengurusi wilayah Timur yang menjadi kekuasaannya. Kegemarannya akan wine dan wanita memperburuk keadaan, membawanya ke pelukan Cleopatra, Pharaoh wanita penguasa Egypt. Cleopatra adalah janda Julius Caesar, pernikahannya dengan Caesar berbuah satu2nya putra, Caesarion. Sepeninggal Caesar, Cleopatra dipenuhi ambisi untuk mendudukkan Caesarion sebagai pewaris tahta Caesar di Romawi. Kedekatannya dengan Antony adalah juga bermotifkan politik dengan tujuan memanfaatkan kekuasaan Antony untuk mewujudkan ambisinya.

Sementara itu di Barat Octavianus dihadapkan pada masalah politik dan ekonomi dalam negri yang pelik, keterbatasan lahan di Italia untuk para veteran perang, pajak yang tinggi, embargo gandum oleh bajak laut, semuanya makin menambah ketidakpopulerannya di Roma dan Italia. Beruntung Octavianus memiliki dua sahabat yang sangat membantu, Marcus Agrippa, jendral yang brilian dan Maecenas, negosiator ulung, ditambah Livia Drusilla, istrinya yang cerdas. Octavianus lebih dikenal sebagai akuntan daripada ahli militer, tetapi kecerdasan dan bantuan teman2 dekatnya membuatnya mampu mengatasi masalah satu per satu. Dengan cerdik dia berhasil memaksa Antony dan Lepidus membantunya untuk memerangi bajak laut di Sisilia, mendapat bagian terbesar dari harta rampasan perang, bahkan akhirnya menyingkirkan Lepidus dari kursi Triumvir, menyisakan Antony sebagai satu2 nya saingan. Dia bahkan tidak segan2 untuk menikahkan Antony dengan kakaknya, Octavia, dengan tujuan politik tertentu.

Kegemilangan Octavianus bertolak belakang dengan Antony di Timur. Antony mengalami kekalahan fatal dalam peperangan melawan kerajaan Parthia (sekarang di daerah Irak dan Persia) yang membuatnya tenggelam dalam frustrasi dan semakin terhanyut dalam pengaruh Cleopatra. Kekelahan tersebut tidak disia-siakan oleh Octavianus untuk menjelek-jelekkan Antony di depan Senat, dan menyebut Cleopatra sebagai Queen of Beast, pemuja binatang, yang menyihir Antony untuk mengikuti semua keinginannya. Kedekatan Antony dengan Cleopatra bahkan mengakibatkan perceraian dengan Octavia. Octavia adalah wanita ideal yang dipuja rakyat Romawi karena sifat keibuannya. Perceraian dengan Octavia membuat Antony makin dibenci rakyat Romawi. Kebencian ini menjadi jalan bagi Octavianus untuk mendapatkan dana dan restu untuk memerangi Antony dan Cleopatra.

Singkat cerita Cleopatra berhasil meyakinkan Antony bahwa satu2 nya cara untuk mendapat kekuasaan adalah dengan berperang melawan Octavianus. Pertempuran laut yang melibatkan ratusan kapal perang akhirnya meletus di Actium, lepas pantai Yunani. Berkat kecemerlangan Agrippa, Antony berhasil dikalahkan, sementara Cleopatra melarikan diri ke Egypt. Antony mengikuti Cleopatra meninggalkan pasukannya menyerah dan jendral2nya dibunuh oleh Octavianus.

Octavianus memutuskan untuk mengepung dan menyerang Egypt dengan pasukan yang sangat besar. Merasa tidak akan mampu melawan Octavianus akhirnya Antony menikam diri sendiri sementara Cleopatra bunuh diri dengan cara digigit Cobra. Kisah cinta mereka diakhiri dengan kesadaran Cleopatra bahwa ambisinya lah yang menghancurkan Antony, lelaki yang sebetulnya sangat dicintainya. Caesarion sendiri dibunuh oleh Octavianus, untuk mencegahnya pergi ke Roma dan diagung-agungkan oleh rakyat Romawi karena kemiripannya dengan Julius Caesar.

Octavianus pulang ke Roma sebagai penakluk dan satu2nya yang tersisa dari Triumvir. Octavianus akhirnya menjadi pemegang kekuasaan tertinggi  di Senat dan digelari Augustus, the highest of the high, the bravest of the brave. Bocah ingusan itu akhirnya bemetamorfosis dan menjelma menjadi Caesar Augustus Octavianus.

Sang pengarang Colleen McCullough berhasil mengangkat kisah cinta Antony dan Cleopatra menjadi sebuah suspense yang mengasyikkan, penuh intrik dan strategi politik dan militer yang menakjubkan. Selain ketiga tokoh sentral di atas, buku ini juga mengangkat tokoh2 penting dalam sejarah seperti Marcus Vipsanius Agrippa dan juga Herod, King of Judea yang berkuasa pada saat kelahiran Jesus.

Buku ini juga seperti berusaha menunjukkan kembali bahwa baik kesuksesan maupun kegagalan seorang lelaki banyak ditentukan wanita di belakangnya. Kesuksesan Octavianus adalah karena bantuan istrinya Livia Drusilla, sementara kehancuran Antony adalah justru karena ambisi wanita yang sangat dicintainya, Cleopatra.

3 responses to this post.

  1. Ternyata bagus yak ceritanya..🙂

    Reply

  2. Posted by toelistangan on September 14, 2010 at 6:26 am

    hi Egi,
    Iya bagus banget ceritanya. Ini cerita romance klasik yg sangat terkenal, dikemas dengan gaya novel jaman sekarang…seruuu…:)

    Reply

  3. Posted by toelistangan on November 22, 2014 at 11:14 am

    DISCUSSION THREAD DI FACEBOOK SETELAH POSTING BLOG INI:

    Fajar Dwi Kusnoaji
    Wah, masih doyan sama sejarah europe ya Li… Gua inget dulu gua pernah dikasih ebook history of europe sampe sekarang belum sempet gua baca. Apa yang membuat lu teertarik europe Li?
    November 27, 2008 at 10:56pm · Like

    Ali Muhammad
    iya ji, asik aja ngelihat gimana orang2 di eropa berevolusi sejak zaman ancient greek sampai middle ages…gimana awalnya budaya mereka berkembang hanya di mediterania i.e. greek then rome… bergeser terus ke utara, britania yg tadinya barbar menjadi kerajaan besar, kedatangan muslim, invas viking, crusade… wuihhh pokonya seru banget… gak ada matinya deh…
    November 28, 2008 at 7:39am · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    Wah Li…. gue juga seneng ama sejarah …
    Punya Buku History of Europe, tapi belum kelar2 …..
    Yang gue juga suka, sejarah Cina dan PD2
    November 28, 2008 at 10:36pm · Like

    Ali Muhammad
    Hi Dina…sebetulnya yg gw suka tuh Historical Fiction…jadi novel2 yg berlatar belakang sejarah…kalo utk PD2 gw baca bukunya P.K. Ojong yg ada 3 buku itu,udah baca?…kalo filmnya tau dong…Band of Brothers…keren banget…

    November 29, 2008 at 7:28am · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    Ya iya lahh…. buku PK Ojong udah kelar kapan tau. Band of Brothers gue tonton sekaligus dari jam 5 sore sampai jam 5 pagi ….
    Gue punya buku “2nd Great War”. Sembilan buku sebesar “Time Life” yang isinya day to day nya PD 2. Keren.
    Terus ada juga yg karangan Ike Eisenhower, terjemahan Nugroho Notosusanto, masih ejaan lama.

    Gue juga cenderung suka fiksi yg berlatar belakang sejarah … mau yg klasik Indonesia (jaman Majapahit dll, termasuk komik Mahesa Rani) atau Sastra dg latar belakang PD2 di Eropa, Cerita2 Kaisar Cina, sampai Novel Frederick Forsyth yg lebih modern. Apalagi cerita Indian ….
    Wah, gue koq jadi cerewet.
    November 29, 2008 at 8:43am · Like

    Ali Muhammad
    wuiiiihh… nyambung nih… gw lagi pingin bikin komunitas penggemar “history & its fiction” nih…yuks, bentuknya apa ya? apa via FB dulu yah?
    November 29, 2008 at 8:53am · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    hehehe…boleh aja…
    Banyak yg suka gak yah ….
    November 29, 2008 at 9:28am · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    BTW, baca novelnya Quo Vadis?
    November 29, 2008 at 9:29am · Like

    Ali Muhammad
    belum tuh….emang ada novelnya ya? english atau terjemahan? dulu waktu kecil sih bacanya di Album Cerita Ternama…barengan sama Winnetou dan Old Shatterhand…
    November 29, 2008 at 1:23pm · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    Terbitan Gramedia jaman dulu ….. Mestinya sih yg English juga ada yah.
    Bagus koq
    November 29, 2008 at 1:29pm · Like

    Ali Muhammad
    boleh tuh kapan2 pinjem…kayanya gak pernah liat di toko buku mana pun..
    November 29, 2008 at 4:56pm · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    udah OOP lah mestinya. Itu jaman gue SD kayaknya. OK … biasanya gue ndak akan pinjemin buku, terutama kalau yg ‘antik’ begini. Buat Ali, boleh aja…asal dipelihara dan yg penting diKEMBALIKAN yaaaa………….hehehehe
    November 30, 2008 at 10:19am · Like

    Ali Muhammad
    Gak jadi deh pinjemnya, takut rusak buku antik gitu, apalagi di rumahku ada mahluk kecil yg paling suka ngerobek buku
    November 30, 2008 at 2:29pm · Like

    Dina ‘Ian’ Dianasari
    kapan2 kalau nemu di toko buku bekas, gue beliin deh
    December 1, 2008 at 12:00am · Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: