Why Do I Like Historical Fiction

Hadrian Wall, built in northern England by roman's emperor Hadrian in 122 AD

Tidak pernah terpikir sebelumnya kalau saya akan jadi begitu tergila-gila dengan Historical Fiction. Buat kebanyakan orang, paling tidak di antara teman2 saya, history bukanlah hal yang patut digila-gilai, bahkan untuk sekedar disukai pun sulit. Kebanyakan orang mungkin lebih memilih musik, gadget, mobil & motor, atau sport untuk dijadikan hobby. Sedangkan untuk bacaan, genre romance, science fiction, business, IT, dan genre2 lainnya pastinya lebih popular daripada history dan historical fiction.

Kenapa saya suka Historical Fiction? Sejak kita duduk di bangku SD, mungkin yang ada di benak kita tentang History adalah kumpulan peristiwa, orang, atau tempat, yang terjadi di masa lalu, di mana kemudian kita dipusingkan dengan angka2 tahun kejadian2 tsb. Metode belajar sejarah selama di sekolah juga sama sekali tidak menyenangkan. Kita harus menghafal nama2, kejadian2, dan angka2 tahun tersebut untuk bisa menjawab pertanyaan2 pada saat ujian. No wonder tidak banyak orang yang suka history.

Historical Fiction berbeda dengan History. Saya punya definisi sendiri untuk historical fiction yaitu fiksi atau novel yang mengambil setting di masa lalu dan berkaitan dengan suatu historical events. Fiksi atau novel adalah bacaan yang membuat kita sanggup untuk duduk membaca berjam-jam, word-by word, selalu penasaran dengan jalan cerita dan ingin secepatnya sampai ke bab terakhir. Sementara banyak yang bilang bahwa “history is a great story, with numbers”.  Bisa dibayangkan gimana serunya suatu great event yang tercatat dalam sejarah, kemudian diceritakan secara mengalir dalam sebuah novel, dengan urutan cerita yang selalu membuat kita ingin segera berlanjut ke halaman berikutnya. The numbers are there, tapi dalam historical fiction angka2 tahun hanya digunakan sebagai alat bantu untuk mengurutkan peristiwa, tidak harus dihafal, tetapi saking asyiknya tanpa sengaja kita bisa hafal angka2 tersebut.

Apa saja yang termasuk historical fiction? Siapa saja pengaranganya? Dimana mendapatkan novel2 historical fiction? See you on the next blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: